Cara konfigurasi IP di linux Debian text

Tema artikel kali ini yaitu tentang cara mengkonfigurasi ip di linux debian berbasis text, Debian ada dua jenis yaitu debian berbasis teks dan debian berbasis GUI ( Graphical User Interface ).


Nah pada kesempatan kali ini saya akan menggunakan yang berbasis teks. mengapa saya lebih memilih berbasis teks ? ya,karena debain yang satu ini sangat mudah untuk belajar bagi kalian yang baru mengenal komputer,kenapa kok lebih mudah ? ya karena pada dasarnya linux memberikan langkah-demi langkah atau proses terjadinya suatu proses juga banyak lagi keuntungan jika kita menggunakan linux apalagi yang kita gunakan yang berbasis text. Ok tanpa menunggu lama lagi langsung saja sima artikelnya.

#Pertama-ama kalian harus siapkan pc yang sudah terpasang sistem operasi debian namun jika kalia hanya ingin digunakan untuk belajar saja kalian bisa dengan mode virtualisasi, dengan software yang namanya OracleVM VirtualBox.
  • Ok Langkah-Langkah konfigurasi ip
Disini kalian harus menjadi seorang pengguna super atau super user untuk dapat mengakses sistem pada debian dengan cara masukkan kode atau script "su" atau kalian juga bisa menggunakan kata "root".
  • langkah selanjutnya adalah kalian akan melakukan konfigurasinya di bagian network,untuk dapat menggati ip address kalian masuk ke folder atau kalau di bhasa linux masuk ke dalam direktori network interfaces dengan perintah "nano /etc/network/interfaces" nah lalu tekan enter 
  • Dalam direktori ini kalian akan melihat yang namanya "allow hotplug"ada kata tersebutkalian ganti menjadi "auto" nah fokuskan bola mata kalian geser ke bawah sedikit jika kalian sudah menemukan kata "dhcp" maka wajib kalian ganti menjadi "static"
  •  untuk bagian ipnya kalian isi secara manual dengan cara seperti berikut ;

address 192.168.1.1
netmask 255.255.255.0 (recommended)
kenapa saya recommend 255.255.255.0 ? ya itu sebagai default dari subnetmask nya supaya kalian tidak perlu menghitung panjang-panjang. untuk dasar dlu ya.....
  • jika kalian sudah melakukan cara diatas lalu save pengaturan dengan cara "ctrl+x" ketik "y" enter.
  • jika sudah terkonfigurasi saatnya melakuakan restart......esst tunggu dulu bukan restart komputernya lho ya, lakukan restart pada kartu jaringannya atau NIC (Network Interface Card) dengan cara "/etc/init.d/networking restart" atau juga bisa menggunakan "service networking restart" lalu tekan enter nanti kurang lebih gambarnya seperti berikut :
  • nah ok sobat jadi seperti itulah cara konfigurasi ip di debian linux, esstttt tunggu dulu yamasih ada beberapa info lagi nih buat kalian. terkadang saat kita melakukan konfigurasi mendapat beberapa masalah diantaranya kartu jaringan tidak terdeteksi, nah bagaimana solusinya ? begini, jadi tidak semua hardware yang terpasang pada linux debian itu sudah ter aktivasi semua ya kali ini yang dibahas tentang jaringan maka saya akan memberi info tentang bagaimana cara mengaktifkan kartu jaringan pad linux debian.
  • caranya cukup mudah kalian tinggal ketikkan saja "ifconfig eth1 up"
saya akan mengaktifkan eth (ethernet) 1, maka saya mengetikkan eth1 up terserah kalian mau mengaktifkan ethernet berapa tentunya sudah terdeteksi pada bagian network and sharing centernya
berikut langkah-langkahnya :
  1. pasttikan kalian telah mengecheck apakah kartu jaringan sudah aktif ata belum dengan cara "ifconfig". nah jika masih terlihat seperti ini maka kalian wajib mengaktifkan kartu jaringan terlebih dahulu.
  2. jika sudah pasti masalahnya langsung ketikkan saja "ifconfig eth0 up" lalu enter.
  3. restart kembali kartu jaringan sobat lalu ketik lagi "ifconfig"
  4. taraaaa sealamat kartu jaringan sobat telah ter aktifasi. 
Ok sobat sekianlah tutorial kali ini yang dapat saya bagian untuk kalian semua, jangan lupa tinggal jejak di komenar ya, dan saya sangat berharap untuk kritik dan saran dari sobat semua demi kemajuan dan update blog saya ini,semoga bermanfaat tutorial kali ini tentang Cara Konfigurasi IP Address Linux Debian.

http://www.tutorialumum.com/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara konfigurasi IP di linux Debian text"

Post a Comment