10 Macam Distro Linux

Linux ? Merupakan sebuah sistem operasi yang sifatnya Open Source  ( terbuka untuk umum ), dan free ( gratis ) Nah berbicara soal Linux kalian pastinya sering mendengar istilah Linux, tapi tahukah kalian soal distro linux ?
Distro merupakan tingkatan atau versi dalam sebuah sistem operasi terutama Linux ini. yang mana terdapat banyak sekali Distro linux, Ok mari kita lihat bersama apa saja distro linux itu.
  • Debian
Logo Debian
Nah yang pertama ini pastinya kalian sering mendengarnya kan? sistem operasi Linux Debian ini merupakan sistem operasi berbasis kernel. Debian dibuat oleh sepasang ( mantan ) kekasih yang bernama Ian Murdock dan seorang perempuan yang bernama  Debra Lynn, setelah Sistem operasi yang mereka kerjakan rampung akhirnya mereka menamainya dengan sebutan " DEBIAN ".

Debian mendapat sambutan baik untuk para dunia Hacker, juga perkembangannya masih  berlanjut sampai saat ini. Tapi perkembangan Linux Debian sangat lambat.sistem operasi ini dikenalkan pada pada tanggal 16 Agustus 1993, Amerika Serikat.
  • Slackware Linux
Logo Slackware
Slackware merupakan sistem operasi  yang dikelola dan dikembangkan oleh Patrick Volkerding.versi pertama yang dikeluarnkan untuk Slackware sendiri adalah versi 1.0, yang dirilis pada 16 Juli 1993.
  • BlankON
Logo BlankON
BlankON merupakan distro Linux berbasis Fedora Core yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI). Tujuan pengembangan BlankOn Linux adalah menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia. Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) bekerja sama dengan UNESCO dan komunitas Linux lainnya telah mengembangkan BlankOn Linux 1.0 ini menjadi sistem operasi yang lengkap berbasis Fedora Core 3 yang memanfaatkan software open source.

Nah untuk versi 2 (dan seterusnya) berbasis Ubuntu dan dikembangkan bersama Komunitas Ubuntu Indonesia. Salah satu varian BlankOn Berikut daftar Rilisan blankON:

a) BlankON 1.0 (10 Februari 2005)
b) BlankON 2.0 (15 November 2007)
c) BlankON 3.0 (27 April 2008)
d) BlankON 4.0 (15 November 2008)
e) BlankON 5.0 (16 Juni 2009)
f) BlankON 6.0 (4 Juli 2010)
g) BlankON 7.0 (17 Agustus 2011)
h) BlankON 8.0 (17 Agustus 2012)
i) BlankON 9.0   (15 Februari 2014)
  •  IGOS Nusantara


IGOS Nusantara merupakan distro Linux berbasis Fedora Core 5, dengan kemampuan untuk membuat/mengedit dokumen, database, spreadsheet, file grafis, maupun akses internet, chatting dan e-mail. Distro yang mana merupakan buatan Indonesia gan..
Yang mana sistem operasi ini sudah tersedia aplikasi yang memudahkan User, contohnya :
a) perkantoran (OpenOffice 2.0.2).
b) Web Browser (FireFox).
c) E-mail Client (Evolution).
d) Chatting (GAIM). 
e) Pengolahan Grafis (GIMP)
  • Suse

Ingat Suse lho ya buka sule..hehe, Suse merupakan sistem operasi linux yang pada awalnya dikembangkan oleh sekelompok orang yang berasal dari jerman (Roland Dayroft, Thomas Fehr, Hubert Mantel, Burchard Steinbild).
Setelah melihat perkembangan dan melakukan perubahan ahirnya sistem operasi ini dibeli oleh Novell, berkerja sama juga dengan Sun Microsystem. Baru baru ini saja Suse mengeluarkan versi OpenSuSE yang bisa di download iso image nya.
  • Mandriva
Instalasi Mandriva
Distro paling user frendly menurut saya, Sistem operasi Linux Mandriva ini dikembangkan di Prancis, yang mana sebelumnya dinamakan Mandrake tapi karena ada masalah lisensi nama, kemudian ganti nama menjadi mandriva setelah mengakuisisi Conectiva. Memakai paket manager RPM, dan oleh mandriva di kembangkan menjadi urpmi. Mandriva sendiri banyak dipakai untuk desktop. Nah bagi kalian yang ingin mencoba Linux saya sarankan memakai Mandriva ini, karena instalasi nya mudah, pengenalan hardware nya bagus. Default dekstop nya adalah KDE.
  •  Fedora
Merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Fedora Project yang sebelumnya dinamakan Fedora Core, Sedangkan nama fedora sendiri berasal dari karaker Fedora yang di gunakan untuk pembuatan logo RedHat.
Fedora merupakan salah satu Sistem Operasi yang memimpin dengan SELinux, Untuk fitur keamanannya sendiri Fedora menggunakan Securtiy-Enchance Linux, fitur Linux yang mengimplementasikan kebijaksanaan keamanan linux, termasuk pengawasan aksess perintah, melalui Modul keamanan Linux pada Linux kernel.
  • GentoOS
Logo Boot Gentoo
Merupaka sistem yang dibuat untuk menciptakan Sistem operasi tanpa Binary program, Sistem Operasi Linux yang satu ini diciptakan oleh Daniel Robbins, pada nama awal sistem operasi ini diberi nama Enoch Linux, karena pada saat itu terjadi masalah kemudia Danniel Robbins mengganti namanya menjadi Gentoo, namum Sampai saat ini hanya satu versi Enoch yang baru dirilis yaitu versi 0,75 yang dirilis pada bulan Desember 1999.
 
Gentoo Linux 1.0 dirilis pada 31 Maret 2002. Pada tahun 2004, Robbins mendirikan organisasi non-profit Gentoo Foundation, lalu memindahkan seluruh hak cipta distribusi Gentoonya ke organisasi ini, dan mengumumkan dirinya sebagai pemimpin proyek Gentoo Linux.
  • Kali Linux

  Kali Linux merupakan sistem operasi yang banyak digunakan dalam hal dunia perhackingan, Sistem operasi ini dulunya bernama BackTrack. Kemudian sistem oerasi ini dikembangkan secara diam-diam tentunya untuk bahan penetrasi dan keamanan.
  • Linux Mint
Logo Linux Mint
Merupakan sistem operasi yang dirilis pada tahun 2006-an dengan membawa versi 1.0 veris tersebut nampaknya masih tahap ( beta ), pada akhirnya sistem operasi ini kurang mendapat perhatian,namun setelah para pengembang Linux Mint membuat sebuah organisasi dan mengeluarkan versi 2.0 sekitan 2008 mulai mendapat perhatian dan sejak saat itulah linux mint mulai mengeluarkar versi-versi terbarunya seperti  Sejak emunculan "Barbara" 5 versi Linux Mint telah dirilis antara lain versi 2.1 "Bea", 2.2 "Bianca", 3.0 "Cassandra", 3.1 "Celena dan 4.0 "Daryna".
 
Nah itulah tentang 10 Distro Linux, Sebenarnya masih ada banyak lagi tentang distro linux tapi untuk pengenalan saya kira 10 distro saja sudah cukup. Ok sekian dlu dan terimakasih buat kunjungannya.

http://www.tutorialumum.com/

Subscribe to receive free email updates:

20 Responses to "10 Macam Distro Linux"

  1. Jadi nambah pengetahuan ane tentang linux nih gan, thanks.

    ReplyDelete
  2. mantap kebetulan saya mau migrasi ke linux,Oh iya gan cara biar linux dan windows dalam satau komputer tuh gimana ya caranya?..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok trimakasih mas...klo mau 2 OS satu komputer bisa dengan metode multiboot mas.buat tutorial bisa searching google.

      Delete
  3. bagus mas pas banget saya mau migrasi ke linux

    ReplyDelete
  4. yang sudah pernah ane coba debian,linux mint dan sebangsanya. soalnya lebih banyak dukungan dibanding distro lain.

    ReplyDelete
  5. Wow keren benar ni artikel jadi pingin migrasi dr windows ke Linux, makasih gan atas info menariknya

    ReplyDelete
  6. wah mantap ni linux family wkwkkw

    ReplyDelete
  7. recommended yg mana yak distro linux nya ??

    ReplyDelete